Minggu, 17 April 2016

Sajian Arisan dan Pengajian di Rumah

Hai lagi!

Hari Jumat dan Sabtu minggu yang lalu di rumah lagi ribeet banget karena mama ketempatan acara arisan ibu2 tetangga pada hari jumat dan sabtunya ketempatan acara pengajian. hadeeeeh. Seneng sih sebenernya, karena aku dan mama memutuskan untuk bikin hampir semua sajian untuk kedua acara tsb. hahaha. Agak nekat sih, mengingat untuk acara arisan orangnya aja kurleb 40+ngasih tetangga kanan kiri jadinya 50an, padahal di rumah yg ngebantu cuma ada aku, mbak rewang, dan sepupu yang ngga tiap saat ngebantuin karena kuliah.

Alhamdulillah bangeet, makanan itu nggak dimakan di rumah tapi dibawa pake dus2an. duh! nggak kebayang ini tangan dan pinggang bakal kerasa gimana kalo masih kudu nyuci piring bekas makan... Arisan hari Jumat, kami bikin nasi dus ayam bakar taliwang, nasinya pakai nasi gurih, plecing kangkung, dan lalapan. Snack box, kami bikin risoles, pudding, dan tambahan 2 snack yang beli di bakery (ngga kuat kalo semuanya bikin sendiri *whiteflag*). Selain itu, ada lagi sajian snack untuk makan di tempat. Kami bikin duo combro-misro, pisang goreng, dan wedang uwuh. Kesemuanya itu kami bikin full seharian hari Kamis dan Jumat dari subuh-sore menjelang acara (ibu2 udah pada dateng, aku masih aja goreng pisang dan misro haha). Alhamdulillahnya ngeklipin dus udah dari Rabu malam, tapi cuma itu yang bisa dicicil haha.

Sebenarnya mama baru bilang kalau mau ada acara pengajian di rumah hari sabtu, tuh baru sabtu paginya. Padahal baruu aja leyeh-leyeh di rumah, abis pegel bgt 2 hari. Alhamdulillahnya acara pengajiannya cuma 10 orang aja hahaha.. Lumayan deh, seenggaknya nggak banyak2 bgt orangnya. Jadi nggak perlu beres2 dan angkat2 barang di rumah haha. Acara pengajian ini, karena nggak butuh makan berat, jadi bikin snack2 aja. Kami bikin aja yang gampang dibikinnnya, combro, es pisang ijo, dan wedang secang. Es pisang ijonya aku bikin sendiri loooh! Enak, lembuuut, dan yang terpenting, tamu yang dateng pada sukaaaa... alhamdulillah ^^

Resep pisang ijonya aku nyontek dari blognya mbak Endang dari JTT ya, linknya disini.
Tapi sayangnya aku ngegiles adonan kulit pisang ijonya terlalu tipis, jadi sisa banyak deh adonan kulitnya.. Untuk bubur sumsumnya juga aku nggak pakai gula ya, cuma santan, dikasih tepung beras dikit, dan garam. Tapi gapapa sih, kalau mau pakai gula, tapi dikit aja, kan nanti diguyur sirup merah lagi. Sebagai orang yang punya sweet-tooth, aku nggak terlalu suka juga kalau kemanisan. Bahkan kadar manis menurutku masih di bawah mama dan sepupu. Jadi agak ribet ya menyesuaikannya haha.
Kalau baca di blognya mbak Endang, beliau bilang agak ribet untuk ngebentuk pisangnya. Aku pernah baca di blog entah di mana, adonannya di giles pakai rolling pin gitu, atau kalau nggak ada, pakai botol kaca. It works the same! Jadi, di atas telenan gitu, dilapisi dengan plastic wrap, beri sedikit minyak, dikiiiit aja ya. Lalu, beri adonan pisang ijo kurleb 3 sendok makan (or more!) tutup lagi dengan plastic wrap lagi, dan giles dengan rolling pin seukuran dengan pisang. Ohya, aku pakai pisang raja ya, pisang raja yang sudah matang, kupas, dan kukus sebentar saja.

Tamu-tamu yang dateng juga pada seneng lho, sajiannya njawi. Terutama wedang uwuh dan wedang secangnya. Jarang-jarang kan, acara di rumah gitu dikasihnya wedang. Biasanya kan teh ya. Aku pribadi sih bosen minum teh. Jadi seneng gitu kalo dikasih wedang.
Ah iya, maaf ya belum ada fotonya, kemarin-kemarin terlalu sibuk dan terlalu lelah untuk mengabadikan hasil karya sendiri haha. But most of all, i'm happy to make my own food :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar