Rabu, 20 April 2016

Kutukan Chiffon Cake

Fyuuuuhh...

Semingguan ini lagi ngerasa capek batin banget. Bukan karena galau jodoh atau apalah haha (*malesin), tapi capek batinnya gara-gara gagal mulu bikin chiffon cake. Beberapa bulan lalu, aku bikin chiffon cake. Emang sih ya resepnya nggak kayak chiffon cake yang kebanyakan orang-orang pakai. Pas pertama kali bikin, ya berhasil kok. Enaaak banget! Kata mama sih kurang manis dikit aja dan masih agak bau amis telur. Kayanya sih pernah aku upload ya fotonya.

Eeeeh, entah kenapaaa... Percobaan kedua GAGAL TOTAL! (ceritanya ada dibeberapa post sebelum post ini ya) Gagal yang aku maksud disini adalah cakenya menyusut dan lepas dari loyang ketika aku balik untuk proses pendinginan. Rasa dan tekstur sih tetep oke yaa hihi..
Coba lagi di percobaan ketiga.. GAGAL..
Coba di percobaan keempat.. GAGAL lagi..
Coba di percobaan ke lima.. LAGI-LAGI GAGAL..

MAAAAK!!

Di percobaan ke dua, emang sih ya agak aku modif resepnya (sok tau), katanya kebanyakan air dan kurang tepung. Aku benerin di percobaan ke tiga, masih gagal. Hmm bukan kebanyakan air nih berarti. Googling kemana-mana, ternyata di resep awal pakai plain flour. Aku ganti deh pakai plain flour (percobaan2 sebelumnya pakai cake flour). Masih gagal lagi. Hmm nggak ngaruh berarti. Googling lagi, katanya kebanyakan gula (emang aku tambahin sih gulanya, karena menurut mama kurang manis). Trus di percobaan ke lima, aku bener2 ikutin resep awal. But the only thing i changed is adding just a tiny bit of vanilla extract! That's It! Dan ternyatah saudarah-saudaraaaah... Gagal maning! Hahahahaha.. (Ketawa depresi)

So i give up on this Chiffon Cake recipe. Mungkin ini saatnya aku beralih ke resep yang lain atau jenis cake yang lain. Hahaha. Aku gatau, apakah ini sikap yang tepat atau cuma emang kudu sabar dikit lagi aja. But i'm tired... (*ini berasa apa banget haha)..
Here's the recipe, if u have any idea why my chiffon cake always failed, PLEASE let me know. Thank you :)

50 gr flour (i used cake flour in 1st, 2nd, 4th, 5th trial, and plain flour in 3rd trial)
50 gr granulated white sugar (i added 20g more in 2nd, 3rd, and 4th trial)
40 gr vegetable oil
40 gr water
2 egg yolks
1/8 tsp vanilla extract (i didnt use it in 1st trial, idk if it's affect that much)
1/8 tsp salt
110 gr egg whites
1 tsp corn flour
25 gr shredded white cheddar cheese
40 gr cubed white cheddar cheese (i added some flour in it)
in some trial, i also add 1 tbs lemon juice

fyi, loyang chiffon sama sekali nggak aku oles apapun. entah itu, margarine, butter, atau oil sekalipun. PLEASE, if u know where my mistake is, let me know!

Thank you :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar