Minggu, 24 April 2016

FIRST POST! (yaay!)

hahaha my very first post!

Assalamualaikum,

Nama saya Mira Felisia, si bungsu, satu-satunya anak perempuan dengan 2 kakak laki-laki. Walaupun tidak terlalu feminim, alhamdulillah selama ini saya berada di lingkungan yang setidaknya masih membuat saya berada di jalan yang lurus haha. Berada di keluarga saya ini, sebenarnya cukup membuat tekanan batin tersendiri. Ayah dan kakak-kakak yang pekerja keras, dan ibu saya yang independent plus jago masak.

Ibu saya ini cukup unik. setiap masakan yang prosesnya terlihat amburadul, menjijikkan, tapi ujung-ujungnya berhasil dan bikin ketagihan sekeluarga. Ibu saya selalu protes, setiap saya iseng mau bikin sesuatu yang resepnya ditakar terlebih dahulu. Kata beliau, "ribet banget sih masak pake ditakar-takar dulu.". Lah kan namanya juga nyontek resep orang, masa ngga ditakar dulu bahan-bahannya. Ditakar aja belum tentu berhasil, gimana nggak ditakar? yang ada malah kacau dan amburadul haha.

Kakak saya ada dua. Dua-duanya laki-laki. Sedangkan saya anak bungsu, dan perempuan sendiri. Sukses lah saya di-"babu"-in oleh kakak-kakak saya. Di suruh ini, di suruh itu. Ini-itu-ini-itu-ini-itu ngga abis-abis. Tapi begitu mereka berdua pergi merantau ke kota orang, mulai banget kerasa sepinya. Mau kumpul satu keluarga saja susahnya minta ampun. Kakak yang satu bisa, yang satunya nggak bisa. Giliran kakak-kakak pada bisa, eh malah ayah saya yang nggak bisa (re: ayah saya pekerja lapangan). Begitu udah pada misah gini, cuma bisa pamer makanan yang saya buat via instagram dan di-tag ke mereka dan berharap bisa bikinin ketika mereka pulang ke rumah. 

Bisa bikinin sesuatu dan keluarga suka itu rasa bahagianya nggak terkira! Seperti ketika awal masuk kuliah dulu, ibu saya curhat ke mbak rewang di rumah. Katanya kangen sama puding yang dulu sering saya bikin. haha bikin mewek. Tahun 2010 yang lalu saya peralihan dari SMA ke Kuliah, yang masa liburnya cukup panjang. Waktu itu, saya hobi banget bikin puding. Entah jelly apa campur apa, jelly apa ditumpuk sama apa, jelly apa diisi apa hahaha. Kenapa puding? soalnya risiko gagalnya rendah! hahaha. cemen. Pernah cerita lainnya, waktu saya SD dapet tugas bikin tape singkong dari sekolah. Padahal dari rumah cuma modal rantang besi. Ragi tape minta temen, singkong kukus udah disediain dari sekolah. Rantang isi calon tape singkong disimpen di laci sekolah seminggu (duh jijik ya sebenernya haha), dan begitu matang dibawa pulang. Eh kata ibu saya enak. Diinget-ingetnya sampai sekarang haha. Dan masih banyak cerita-cerita lainnya.

Intinya, yang bikin saya ketagihan nguprek-nguprek dapur adalah keribetannya itu sendiri. Saya harus mengeluarkan tenaga lebih untuk bisa bikin sesuatu, tapi tetap bikin dapur di rumah saya tetap bersih seakan-akan nggak terjadi apa-apa hahaha. Selain itu, berusaha untuk menghidangkan makanan enak di meja makan rumah merupakan tantangan bagi saya. Kalau gagal ya minta maaf sama yang makan, kalau dikritik ya diinget-inget bahkan saya catat di notes resep dan cari tau gimana memperbaikinya. Saya belajar bahwa saya gak boleh nyerah di dapur. Sekalinya nyerah yaudah, gak bakal maju-maju. 

Dulu pernah bikin-bikin sesuatu trus gagal. trus nyerah. trus nggak mau nerusin lagi. trus ini. trus itu. Tapi trus tau-tau entah saya dapet kekuatan darimana, pengen aja gitu rasanya bikin ini bikin itu. alhamdulillah enak dan berhasil. walaupun belum sempurna ya gapapa. namanya juga latihan kan? biarin tangan kita latihan sendiri biar luwes untuk bikin apapun yang kita pengen makan :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar